10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 18 Juli 2024, 11:34:15

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang wajib Anda persiapkan sebelum ibadah umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang kurang dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda persiapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti tulisan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan haji, yakni rukun-rukunnya memerlukan kebugaran jasmani yang kuat. Oleh karena itu, jamaah umrah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan jasmani yang kuat supaya ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa memulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Ruhani

Selain tubuh yang kuat, Anda juga wajib menyiapkan ruhani Anda agar dapat benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Sebab bagi orang yang melakukan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk beberapa waktu. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang harus dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, tanda terima booking penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang wajiib dicermati. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna membawa barang-barang yang Anda bawa. Satu koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang bawaan sesuai kebutuhan. Misal untuk baju ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa peralatan mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa , tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini seringkali terlupakan, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita akan menjalani suatu ibadah, kita harus mengetahui syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku ibadah umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan sharing dengan orang yang telah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat travel umroh tersebut. Jika biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka bisa Anda pantau melalui internet, misalnya dengan mengakses website, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan pesan singkat untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi yang spesifik, dan memerlukan meminum obat-obatan khusus, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda sertakan saat menjalani ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak angin, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak ragamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, peniti, inner hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga pakaian cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula doa titipan dari saudara dan juga sahabat. Agar selalu ingat, siapkan catatan khusus doa, agar Anda tidak lupa dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum umrah. Konsultasikan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak perlu dipersiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id